Senin, 23 Oktober 2017

penelitian kitab ahkam(al jashash)

Penelitian Kitab Ahkam Al-Quran karya Al-Jashas
Makalah ini disusun untuk memenuhi tugas individu mata kuliah Studi Kitab Tafsir Klasik
Dosen Pengampu : Bpk Muhammad Mansur,

  






Disusun oleh :


FAKULTAS USHULUDDIN DAN PEMIKIRAN ISLAM
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA
YOGYAKARTA 2015


BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang

Nama lengkap Al-Jashas adalah Ahmad bin Abu Bakar Al-Razi yang terkenal dengan Al-Jashas, Beliau lahir di kota Rayi Baghdad tahun 305 H dan wafat pada tanggal 7 Dzulhijjah 370 H. Beliau merupakan seorang ahli tafsir dan ushul fiqh ternama yang terkenal dengan panggilan Jashas  ( penjual kapur rumah). Beliau disebut demikian karena bekerja sebagai pembuat dan penjual kapur.
Pada masanya beliau adalah pengikut mazhab Hanafi, beliau berguru kepada Abu Sahal Al-Zujaj, Abu Hasan Al-Harakhi, dan kepada orang alim fiqh pada saat itu. Beliau hidup pada dinasti Abbasiyah tepatnya pada masa Khalifah Al-Mutawakil 232 H-334 H.
B. Rumusan Masalah
1. Apakah ada pengaruh paham Mutazilah terhadap penafsirannya ?
2. Mazhab fiqh apakah yang beliau anut dalam mengarang kitab ?

C. Tujuan

1. Untuk mengetahui pengaruh paham mutazilah terhadap penafsirannya
2. Untuk megetahui mazhab fiqh apakah yang beliau anut




BAB II
PEMBAHASAN

A. Data Data Tafsir Ahkam Al-Quran Al-Jashas

Sebelum menuliskan data-data yang diperoleh dari kitab Tafsir Ahkam Al-Quran al-Jashas. Penulis menuturkan bahwa metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode induktif yaitu penulis mengumpulkan data-data dari kitab. Selain itu, juga mengambil data dari berbagai macam ulasan artikel dan skripsi tentang Al-Jashas. Adapun data-data yang diperoleh dari kitab Tafsir Ahkam Al-Quran al-Jashas adalah sebagai berikut :

Data I
Apakah ada pengaruh paham Mutazilah terhadap penafsirannya ?

أحكام القرآن ـ للجصاص ـ نسخة محققة [4 /169]
وقد بينا ذلك في أصول الفقه قوله تعالى لا تدركه الأبصار وهو يدرك الأبصار يقال إن الإدراك أصله اللحوق نحو قولك أدرك زمان المنصور وأدرك أبا حنيفة وأدرك الطعام أى لحق حال النضج وأدرك الزرع والثمرة وأدرك الغلام إذا لحق حال الرجال وإدراك البصر للشيء لحوقه له برؤيته إياه لأنه لا خلاف بين أهل اللغة أن قول القائل أدركت ببصرى شخصا معناه رأيته ببصرى ولا يجوز أن يكون الإدراك الإحاطة لأن البيت محيط بما فيه وليس مدركا له
فقوله تعالى لا تدركه الأبصار معناه لا تراه الأبصار وهذا تمدح بنفي رؤية الأبصار كقوله تعالى لا تأخذه سنة ولا نوم

Data II
Mazhab fiqh apakah yang beliau anut dalam mengarang kitab ?

حكام القرآن ـ للجصاص ـ نسخة محققة [1 /237]
قوله تعالى [أُحِلَّ لَكُمْ لَيْلَةَ الصِّيامِ الرَّفَثُ إِلى نِسائِكُمْ- إلى قوله- فَالْآنَ بَاشِرُوهُنَّ وَابْتَغُوا ما كَتَبَ اللَّهُ لَكُمْ وَكُلُوا وَاشْرَبُوا حَتَّى يَتَبَيَّنَ لَكُمُ الْخَيْطُ الْأَبْيَضُ مِنَ الْخَيْطِ الْأَسْوَدِ مِنَ الْفَجْرِ ثُمَّ أَتِمُّوا الصِّيامَ إِلَى اللَّيْلِ ] فأباح الجماع والأكل والشرب في ليالي الصوم من أولها إلى طلوع الفجر ثم أمر بإتمام الصيام إلى الليل وفي فحوى هذا الكلام ومضمونه حظر ما أباحه بالليل مما قدم ذكره من الجماع والأكل والشرب فثبت بحكم الآية أن الإمساك عن هذه الأشياء الثلاثة هو من الصوم الشرعي ولا دلالة فيه على أن الإمساك عن غيرها ليس من الصوم بل هو موقوف على دلالته وقد ثبت بالسنة واتفاق علماء الأمة أن الإمساك عن غير هذه الأشياء من الصوم الشرعي على ما سنبينه إن شاء اللّه تعالى


أحكام القرآن ـ للجصاص ـ نسخة محققة [2 /339]
أن رسول اللّه صلّى اللّه عليه وسلّم قال اتقوا اللّه في الضعيفين اليتيم والمرأة
فسمى اليتيم ضعيفا ولم يشرط في هذه الآية إيناس الرشد في دفع المال إليهم وظاهره يقتضى وجود دفعه إليهم بعد البلوغ أونس منه الرشد أو لم يؤنس إلا أنه قد شرطه في قوله تعالى حَتَّى إِذا بَلَغُوا النِّكاحَ فَإِنْ آنَسْتُمْ مِنْهُمْ رُشْداً فَادْفَعُوا إِلَيْهِمْ أَمْوالَهُمْ فكان ذلك مستعملا عند أبى حنيفة ما بينه وبين خمس وعشرين سنة فإذا بلغها ولم يؤنس منه رشد وجب دفع المال إليه لقوله تعالى وَآتُوا الْيَتامى أَمْوالَهُمْ فيستعمله بعد خمس وعشرين سنة على مقتضاه وظاهره وفيما قبل ذلك لا يدفعه إلا مع إيناس الرشد لاتفاق أهل العلم أن إيناس الرشد قبل بلوغ هذه السن شرط وجوب دفع المال إليه وهذا وجه شائع من قبل أن فيه استعمال كل واحدة من الآيتين على مقتضى ظواهرهما على فائدتهم

Data III
Kitab Al Jashas juga merupakan kitab tafsir fikih. Namun dari karya-karya beliau teridentifikasi adanya taasub ( fanatik) terhadap mazhab yang mereka anut. Sehingga mengkritik dan menyerang pendapat yang berlawanan dengannya.?


Data I
Dari penafsiran beliau pada surah al-Anam ayat 3 bahwa dari ayat ini menunujukan bahwa Allah menafikan al-idrak (pencapaian) dengan penglihatan mata, hal ini menunjukan bahwa Allah tidak bisa diihat oleh pandangan mata kapanpun dan dimanapun.


Data II

1. Penafsiran surah Al-Baqarah ayat 187 penulis dapati bahwa penafsiran beliau mencoba menarik kesimpulan secara dhohirnya kedalam konteks idadah puassa sunnah. Maka bagi siapa yang melakukan puasa sunnah wajib baginya menyempurnakan puasanya hingga matahari terbenam.

2.  Penafsiran surah An-NisaAyat 2 Bahwa kewajiban untuk menahan harta anak yatim apabila mencapai 25 tahun, walaupun belum mencapai tarap dewasa secara akal. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar