Senin, 23 Oktober 2017

Lokasi penyimpanan manuskrip alQuran

Koleksi kesenian islam naser david khalili,london,inggris.
Koleksi kesenian islam naser david khalili memuat jarak yang paling besar dan paling luas dari bagian alquran dalam koleksi pribadinya.ini dikelola oleh nour fundation.seluruh sejarah pembuatan/pengumpulan alquran dari abad ke 7 sampai keduapuluh termuat didalamnya.dan memuat barang barang dari pusat yang berjauhan seperti india dan spanyol.sebuah tim akademisi ternama sedang melakukan katalogisasi seluruh koleksi.yang mencangkup seri dari duapuluh enam bagian.manuskrip alquran  dalam koleksinya di deskripsikan dan diiliustrasikan dalam empat bagian yang mewah.mereka ditulis dalam berbagai naskah dan diberi tanggal dari akhir abad ke 1 dan seterusnya.The nour fondation berkerjasama dengan oxford university press telah menerbitkan koleksinya.referensinya sebagai berikut :
[1] F. Déroche, The Abbasid Tradition: Qur'ans Of The 8th To The 10th Centuries AD, The Nasser D. Khalili Collection of Islamic Art Vol. I, 1992, Oxford University Press, 192 pp.
[2] D. James, The Master Scribes: Qur'ans of the 10th to 14th Centuries, The Nasser D. Khalili Collection of Islamic Art Vol. II, 1992, Oxford University Press, 240 pp.
Kedua dari empat bagian katalog alquran.buku ini yang mana mempertahankan ornamen aslinya oleh kaligrafi terhebat abad pertengahan,yaqut almusta’simi.hasil karyanya yang lain termasuk alquran yang ditulis menggunakan emas dari abad keduabelas di Iraq ; satu satunya alquran abad dua belas dari valencia ; dan sebuah manuskrip yang mungkin merupakan alquran tertua yang bertahan di india.
[3] D. James, After Timur: Qur'ans of the 15th and 16th Centuries, The Nasser D. Khalili Collection of Islamic Art Vol. III, 1992, Oxford University Press, 256 pp.
Yang ketiga dari empat jilid katalog alquran dalam koleksi Khalili,buku ini memuat alquran abad 15 di Iran,Mesir,Syiria,konstanstinopel,dan India serta alquran abad ke enam belas  di india dan syiria.
[4] M. Bayani, A. Contadini & T. Stanley, The Decorated Word: Qur'ans of the 17th to 19th Centuries, The Nasser D. Khalili Collection of Islamic Art Vol. IV, 1999, Oxford University Press, 334 pp
Jilid dua bagian ini adalah yang terahir dari empat yang didedikasikan untuk alquran dalam koleksi khalili,dan meliputi periode 1700-1900 dan barang barang dari islam di afrika,ottoman turki,iran,india dan negara negara timur.
[5] N. F. Safwat, The Art of the Pen Calligraphy of the 14th to 20th Centuries, The Nasser D. Khalili Collection of Islamic Art Vol. V, 1999, Oxford University Press, 248 pp.
Koleksi naser D khalil juga memegang contoh contoh kaligrafi islam sepanjang abad enam dan menunjukkan perkembangan pusat seni menuju era modern.kepemilikannya (hampir 300 secara total) mencangkup barang barang luar biasa yang menampilkan banyak karya master kaligrafi paling terkenal,termasuk syeh Hamdullah dan Hafiz osman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar